Logo Bloomberg Technoz

Saham Properti China Suram, Terjun Bebas Dalam 9 Bulan

News
25 September 2023 13:30

Properti China (Sumber: Bloomberg)
Properti China (Sumber: Bloomberg)

John Cheng - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham properti China merosot paling tajam dalam sembilan bulan terakhir. Hal ini dipicu kekhawatiran atas kemungkinan likuidasi China Evergrande Group, yang semakin menambah tanda-tanda tekanan baru di seluruh industri.

Indeks Bloomberg Intelligence, yang mengukur saham pengembang, turun sebanyak 6,4% pada hari Senin (25/9/2023) yang membuat kerugian valuasinya tahun ini mencapai US$55 miliar atau setara Rp846 triliun. Evergrande, yang membatalkan pertemuan kreditur utama pada menit-menit terakhir dan mengatakan harus mempertimbangkan ulang rencana restrukturisasi, sahamnya merosot sebanyak 25%. 

China Aoyuan Group Ltd. menjadi pendorong terbesar penurunan indeks tersebut, terjun bebas sebesar 76% setelah sahamnya kembali diperdagangkan.

Sentimen telah memburuk secara dramatis dalam beberapa hari terakhir, karena investor bersiap menghadapi penderitaan bertahun-tahun dari sektor properti yang melemah. Ditambah dengan dukungan kebijakan yang gagal mengatasi masalah likuiditas.