Logo Bloomberg Technoz

Kanada Berikan Rincian Keterlibatan India Terkait Pembunuhan Sikh

News
23 September 2023 15:00

Bendera India. (Sumber: Bloomberg)
Bendera India. (Sumber: Bloomberg)

Brian Platt dan Sudhi Ranjan - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat Kanada diberitakan memberikan bukti kepada pemerintah India, termasuk komunikasi dan nomor telepon yang mereka yakini menghubungkan agen-agen India dengan pembunuhan seorang aktivis Sikh, sebelum Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan tuduhan tersebut kepada publik.

Informasi tersebut dipertukarkan melalui pejabat keamanan kedua negara, kata sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut.

Seseorang mengatakan bukti tersebut diberikan beberapa hari sebelum 18 September, ketika Trudeau mengatakan kepada anggota parlemen Kanada bahwa pemerintah memiliki informasi yang “kredibel” tentang keterlibatan India dalam penembakan yang menewaskan Hardeep Singh Nijjar. 

Orang kedua menolak mengatakan kapan tepatnya informasi itu dibagikan, namun mencatat ada beberapa diskusi antara pejabat keamanan kedua negara. Pihak berwenang Kanada juga telah mendekati beberapa anggota diaspora India di negara tersebut yang mereka yakini mengetahui pembunuhan tersebut, kata salah satu sumber.