Logo Bloomberg Technoz

Namun, imbal hasil obligasi Jepang juga telah naik seiring dengan pergerakan utang luar negeri dan juga spekulasi yang berkembang bahwa BOJ akan mengubah kerangka kebijakannya lagi setelah membuat kontrol kurva imbal hasil menjadi lebih fleksibel di bulan Juli.

Gubernur Ueda memicu spekulasi tersebut setelah surat kabar Yomiuri mengutipnya yang mengatakan bahwa jika bank sentral yakin harga dan upah akan terus naik secara berkelanjutan, mengakhiri suku bunga negatif adalah salah satu opsi yang tersedia.

Namun, para pejabat BOJ melihat perbedaan antara apa yang dikatakan Ueda dan bagaimana para trader menginterpretasikan pernyataan tersebut, orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan minggu lalu.

Sementara itu, para pembuat kebijakan di Jepang memperingatkan bahwa mereka siap untuk masuk ke pasar mata uang jika diperlukan untuk memperlambat pelemahan yen. Menteri Keuangan Shunichi Suzuki mengatakan pada hari Jumat pagi bahwa intervensi dapat menstabilkan pergerakan mata uang asing. 

(bbn)

No more pages