Logo Bloomberg Technoz

Secara terpisah, BLS International, yang mengelola pusat aplikasi visa India di Kanada, mengumumkan secara online bahwa layanan visa akan dihentikan tanpa batas waktu mulai 21 September. Mereka mengatakan penyebabnya adalah "alasan operasional" mulai.

"Anda menyadari ancaman keamanan yang dihadapi oleh perwakilan tinggi dan konsulat kami di Kanada," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi, kepada wartawan di New Delhi. "Hal ini telah mengganggu fungsi normal mereka. Oleh karena itu, perwakilan tinggi dan konsulat kami saat ini tidak dapat memproses aplikasi visa secara sementara waktu. Kami akan meninjau situasi ini secara berkala."

Hubungan antara kedua negara berada pada titik terendah dalam beberapa dekade karena ketegangan terkait tuntutan sebagian warga Sikh di Kanada untuk merdeka. Kedua negara telah mengusir diplomat senior satu sama lain.

Pejabat-pejabat di New Delhi telah lama menuduh Kanada sebagai tempat perlindungan bagi separatis Sikh dan merasa bahwa Kanada tidak berbuat banyak untuk melindungi misi dan konsulat India dari protes yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tersebut. Pada Rabu, New Delhi telah mengeluarkan peringatan kepada warganya yang tinggal dan belajar di Kanada agar berhati-hati di daerah-daerah di mana terdapat aktivitas anti-India, juga "kejahatan kebencian yang disetujui secara politik."

Pemberitahuan tersebut banyak dibagikan di media sosial di India bersama dengan seruan untuk memboikot merek-merek Kanada seperti jaringan kopi Tim Hortons dan produsen makanan beku McCain. Media India telah bersikap nasionalis dalam liputannya tentang masalah ini, mempertanyakan keabsahan klaim Trudeau dan bertanya mengapa belum ada bukti yang dirilis.

Modi, yang belum mengomentari tuduhan Trudeau, secara luas dianggap oleh analis mendapatkan manfaat politik dari perselisihan diplomatik ini menjelang pemilihan tahun depan. Dia akan kembali berupaya mendapatkan masa jabatan ketiga. Partainya telah mendorong agenda nasionalis Hindu, dan pemerintah mengambil sikap yang tegas terhadap kelompok Sikh yang ingin memisahkan diri.

(bbn)

No more pages