Logo Bloomberg Technoz

Menlu AS: Normalisasi Saudi-Israel Diupayakan tapi Masih Sulit

News
18 September 2023 11:20

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) melalui Menteri Luar Negeri Antony Blinken, tengah berupaya memulihkan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Israel, namun prosesnya masih penuh tantangan, terutama terkait isu Palestina.

Hal ini diungkapkan oleh Blinken Jumat (15/09/2023) lalu. “Meskipun kita sedang bekerja dalam hal ini, tetap merupakan proposisi yang sulit,” kata Blinken kepada para wartawan ketika ditanya tentang kemungkinan perjanjian.

"Apa yang dicari oleh pihak-pihak yang berbeda, adalah hal yang sulit," katanya. "Dan meskipun saya yakin sangat mungkin, itu sama sekali bukan kepastian. Tapi kami percaya manfaat yang akan diperoleh, jika kami berhasil mencapainya, pasti sebanding dengan usaha."

Blinken, yang ditanya apakah perjanjian tersebut akan bermanfaat bagi AS, mengingat penolakan Arab Saudi baru-baru ini untuk meningkatkan produksi minyak dan insiatif Israel untuk memperluas pemukiman yang kontroversial, mengatakan  bahwa pemerintahan Biden mengharapkan "kemajuan dalam sejumlah masalah" yang menjadi perhatian AS dalam perjanjian antara kedua negara itu.