Logo Bloomberg Technoz

Putra Presiden Biden Didakwa Pelanggaran Kepemilikan Senjata Api

News
15 September 2023 13:40

Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)
Hunter Biden (Sumber: Bloomberg)

Chris Strohm, David Voreacos dan Zoe Tillman - Bloomberg News

Bloomberg, Putra Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Hunter, didakwa atas tuduhan membeli senjata api tanpa mengungkapkan bahwa dia adalah pengguna narkoba. Hal ini menjadi sorotan publik saat sang ayah menghadapi kampanye untuk mencalonkan lagi di pilpres 2024 dan proses pemakzulan di DPR.

Tuduhan yang diumumkan pada Kamis (14/09/2023) oleh Penasihat Khusus David Weiss mengikuti gagalnya kesepakatan di mana Hunter setuju mengaku bersalah atas dua pelanggaran pajak ringan dan mengakui pelanggaran senjata api tanpa vonis.

Namun, kesepakatan tersebut, yang tidak melibatkan waktu penjara, runtuh pada bulan Juli ketika seorang hakim federal mempertanyakan persyaratan-persyaratan kesepakatan tersebut dan menolak menyetujuinya.

Tuduhan terkait senjata api ini sebenarnya merupakan yang paling kecil dari masalah hukum yang dihadapi Biden, karena Weiss telah mengisyaratkan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk mengajukan tuduhan bahwa putra presiden ini tidak melaporkan jutaan dolar pendapatan, termasuk dari China dan Ukraina.