Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Perdana Menteri Narendra Modi mengkritik Kanada karena diduga membiarkan kelompok separatis Sikh beroperasi di negara tersebut.

"Nexus dari kekuatan semacam itu dengan kejahatan terorganisir, sindikat narkoba, dan perdagangan manusia seharusnya juga menjadi kekhawatiran bagi Kanada," kata Kementerian Luar Negeri India. "Penting bagi kedua negara untuk berkerjasama dalam menghadapi ancaman semacam itu."

KTT G-20. (Dok: Bloomberg)

Hubungan antara kedua negara tersebut telah tegang, dan Trudeau dan Modi tidak mengadakan pertemuan bilateral formal selama KTT G-20. Namun, selama percakapan singkat mereka, mereka membahas campur tangan asing dan "penghormatan terhadap hukum," kata Trudeau.

Sikh adalah sebuah komunitas minoritas di India yang telah mengorganisir referendum di Kanada. Mereka bertanya kepada diaspora Sikh di sana apakah wilayah India di mana komunitas mereka menjadi mayoritas harus merdeka.

Minggu lalu, Kanada meluncurkan penyelidikan publik tentang campur tangan asing dalam pemilihan nasional terkini, dengan fokus pada China, Rusia, dan aktor negara dan non-negara lain. Penasihat keamanan nasional Trudeau, Jody Thomas, mengatakan bahwa India adalah salah satu sumber utama campur tangan asing di Kanada.

Juga telah ada tuduhan yang telah lama berkecamuk dari pejabat India bahwa Kanada terlalu nyaman dengan separatis Sikh yang ingin Punjab merdeka dipisahkan dari barat laut India.

Trudeau mengatakan masalah separatis Punjab di Kanada dan kekhawatiran Kanada tentang campur tangan India dalam urusannya telah muncul dalam percakapannya dengan Modi selama bertahun-tahun.

"Tentu saja, Kanada selalu akan membela kebebasan berekspresi, kebebasan hati nurani, protes damai. Itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi kami. Pada saat yang sama, kami selalu ada untuk mencegah kekerasan, untuk menolak kebencian," katanya dalam konferensi pers di ibukota India. "Penting untuk diingat bahwa tindakan sekelompok orang tidak mewakili seluruh komunitas atau Kanada."

(bbn)

No more pages