Logo Bloomberg Technoz

Italia akan Keluar Dari Belt and Road Initiative China

News
10 September 2023 21:50

Perdana menteri Italia, Giorgia Meloni. (Alessia Pierdomenico/Bloomberg)
Perdana menteri Italia, Giorgia Meloni. (Alessia Pierdomenico/Bloomberg)

Antonio Vanuzzo and Alberto Nardelli - Bloomberg News - 

Bloomberg, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni secara pribadi memberi isyarat kepada Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang bahwa Italia berencana untuk keluar dari perjanjian investasi yang telah menjadi ujian bagi hubungan negaranya dengan Amerika.

Dalam pertemuan pada hari Sabtu di sela-sela KTT G20 di India, Meloni mengatakan kepada Li bahwa Italia berencana untuk menarik diri dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) yang dicanangkan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping sambil tetap berusaha menjaga hubungan persahabatan dengan Beijing, menurut seseorang yang akrab dengannya dan meminta untuk tidak disebutkan namanya. Italia secara resmi menandatangani pakta tersebut pada tahun 2019.

Pada konferensi pers setelah G-20, Meloni mengatakan dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Tiongkok tentang Belt and Road Initiative (BRI), akan tetapi keputusan belum diambil.

“Belt and Road bukan satu-satunya elemen yang membangun hubungan bilateral kami dengan Tiongkok,” katanya, seraya menambahkan bahwa negara-negara Eropa lainnya telah mampu menegosiasikan hubungan yang lebih baik dengan Beijing tanpa ikut serta dalam inisiatif tersebut.