Logo Bloomberg Technoz

Superyacht Vladimir Putin yang Disita Italia Sedang Diperbaiki

News
06 August 2023 18:30

Scheherazade, kapal pesiar atau superyacht yang diduga milik Presiden Valdimir Putin. (Dok. Bloomberg)
Scheherazade, kapal pesiar atau superyacht yang diduga milik Presiden Valdimir Putin. (Dok. Bloomberg)

Vernon Silver - Bloomberg News


Bloomberg, Sebuah kapal pesiar super mewah atau superyacht yang disebut berkaitan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Scheherazade sedang menjalani proses perbaikan atau reparasi di Pelabuhan Italia. Berdasarkan laporan Financial Times, Italian Sea Group SpA tengah memperbaiki kapal pesiar sepanjang 459 kaki tersebut.

Italian Sea Group mengatakan, pemilik kapal pesiar tersebut telah membayar biaya perbaikan. Akan tetapi, dia menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut termasuk identitas pemiliknya.

Bloomberg melaporkan pihak berwenang Amerika Serikat mengatakan, seorang oligarki Rusia yang kurang dikenal -tidak muncul dalam daftar orang terkaya di dunia- telah bertindak sebagai pemilik kapal pesiar senilai US$650 juta atau Rp9,84 triliun tersebut.

Sebelumnya, pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny mengatakan, Scheherazde diduga berisi orang-orang yang bekerja pada agensi keamanan Putin. Kapal yang ditahan pada Carrara, Tuscany tersebut disita pada Maret 2022. Penyitaan disebut berkaitan dengan pejabat tinggi pemerintah Rusia yang berada di bawah sanksi Uni Eropa.