Logo Bloomberg Technoz

Boyong 6 Menterinya ke India, Ini Agenda Jokowi di G-20

Pramesti Regita Cindy
09 September 2023 13:30

Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri kabinetnya jelang KTT G-20 di India./dok. Instagram Sri Mulyani Indrawati
Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri kabinetnya jelang KTT G-20 di India./dok. Instagram Sri Mulyani Indrawati

Bloomberg technoz, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kini tengah melakukan kunjungan dalam rangka Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang akan digelar di New Delhi, India dengan tema One Earth, One Family,  One Future. Hajatan internasional itu dihelat pada 9—10 September 2023. 

Dalam rangkaian KTT G20 di India, Jokowi diagendakan untuk menghadiri sejumlah sesi pertemuan bilateral dengan Kepala Negara anggota G20 lainnya. Bahkan, Jokowi juga direncanakan akan memimpin pertemuan MIKTA Leaders’ Gathering ke-1.

Jokowi tak luput memboyong beberapa menterinya untuk mengikuti KTT G20 di India ini. Adapun, menteri yang hadir bersamanya antara lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas).

Dalam kunjungan G-20 kali ini Menteri Perdagangan Zulhas menyebut Indonesia hadir untuk turut serta membawa pesan komitmen stabilitas dan perdamaian.

“Saya mendampingi Bapak Presiden ke India untuk menghadiri KTT G-20 yang akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu ini. Seperti yang dikatakan Bapak Presiden, Indonesia mengusung komitmen stabilitas dan perdamaian untuk disuarakan dalam KTT G20 di India,” Ujar Zulhas dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/9/2023).