Logo Bloomberg Technoz

Industri Otomotif AS Rawan Krisis Gegara Sulit Impor Bahan Baku

News
09 September 2023 09:30

Mobil Ford. (Dok: Bloomberg)
Mobil Ford. (Dok: Bloomberg)

Laura Curtis - Bloomberg News

Bloomberg, Industri otomotif Amerika Serikat (AS) menghadapi beberapa risiko rantai pasok tertinggi, karena faktor geopolitik dan pengadaan komponen elektronik seperti semikonduktor, menurut indeks risiko pengadaan baru dari para ekonom di Federal Reserve.

Industri dirgantara, truk ringan, dan peralatan komputer juga rentan, menurut peneliti Andrea De Michelis dan Mariano Somale, yang menghitung risiko bagi produsen AS berdasarkan ketergantungan mereka pada pemasok asing.

“Industri dengan porsi bahan baku impor yang lebih besar kemungkinan besar akan mengalami gangguan produksi akibat guncangan yang membatasi akses mereka terhadap bahan baku asing, seperti gangguan pada jaringan transportasi global,” tulis keduanya dalam catatan penelitian yang dipublikasikan di situs web The Fed pada Jumat (8/9/2023), waktu setempat.

Indeks Risiko Pengadaan ini menggabungkan paparan umum terhadap guncangan asing seperti gangguan pada jaringan transportasi yang mengguncang rantai pasokan global selama pandemi Covid-19, serta risiko geopolitik dan konsentrasi geografis pemasok.