Logo Bloomberg Technoz

Pro Kontra Ketidakhadiran Biden dan Xi Jinping di KTT ASEAN

Dovana Hasiana
08 September 2023 07:20

Joe Biden dan Xi Jinping (Bloomberg)
Joe Biden dan Xi Jinping (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, JakartaPresiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping kompak tidak menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-43 yang dilaksanakan di Jakarta, Indonesia, pada Selasa (5/9/2023) hingga Kamis (7/9/2023) pekan ini.

Sebagai gantinya, Wakil Presiden AS, Kamala Harris dan Perdana Menteri China, Li Qiang hadir dan menggantikan kedua sosok kepala negara tersebut. 

Daftar nama ihwal kehadiran dan ketidakhadiran dari kepala negara, khususnya di KTT ASEAN ke-43 ini, memang menjadi salah satu hal yang ditunggu. 

Hal ini diamini Deputy Director for Research CSIS Indonesia, Shafiah Muhibat. Menurutnya, ketidakhadiran kepala negara, seperti Biden dan Xi Jinping, menarik perhatian pihak-pihak berkepentingan yang memperhatikan isu ASEAN. 

Secara keseluruhan, Shafiah melanjutkan, setidaknya terdapat tiga poin penting yang bisa dibahas dalam ketidakhadiran Biden dan Xi Jinping. Pertama, ketidakhadiran kedua kepala negara beken itu tidak mempengaruhi substansi dari rangkaian acara KTT ASEAN ke-43 ini.