Logo Bloomberg Technoz

India Klaim Aman dari Krisis Pangan, Hujan Bikin Stok Beras Cukup

News
04 September 2023 17:10

Petani menanam padi di India (Sumber: Bloomberg)
Petani menanam padi di India (Sumber: Bloomberg)

Clara Ferreira Marques dan Pratik Parija - Bloomberg News

Bloomberg, Hujan yang diprediksi akan turun di sebagian besar wilayah India bulan ini mengurangi kekhawatiran dari dampak kekeringan di Agustus dan membuat pasokan beras negara ini cukup. Hal ini disampaikan oleh Biro Pertanian Kementerian Pangan India.

Kenaikan harga makanan telah menjadi masalah besar bagi pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi, mendorong langkah agresif dalam beberapa minggu terakhir untuk melindungi pasar domestik, termasuk serangkaian pembatasan ekspor beras yang telah mendorong harga pangan regional mencapai tertinggi dalam hampir 15 tahun.

India, eksportir beras terbesar di dunia, kini telah membatasi ekspor setiap varietas bahan pokok tersebut. Negara ini juga menjual tomat, bawang, dan biji-bijian dari cadangan negara untuk meningkatkan pasokan lokal.

Namun, Menteri Pangan India Sanjeev Chopra dalam wawancara Jumat lalu mengatakan bahwa berkat cadangan biji-bijian yang cukup, ditambah dengan panen beras baru yang akan datang, situasi negara ini tidak mengkhawatirkan.