Logo Bloomberg Technoz

China Utus PM Li Qiang Hadiri KTT G-20 Gantikan Xi Jinping

News
04 September 2023 17:20

Perdana Menteri China Li Qiang. (Fotografer: Liesa Johannssen-Koppitz/Bloomberg)
Perdana Menteri China Li Qiang. (Fotografer: Liesa Johannssen-Koppitz/Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, China akan mengirim Perdana Menteri (PM) Li Qiang ke KTT G-20 yang akan datang di India. Langkah ini menandakan Presiden Xi Jinping akan melewatkan pertemuan tersebut, yang berpotensi memperburuk hubungan Beijing dengan New Delhi yang sedang memburuk.

Pengumuman ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri, Mao Ning, dalam jumpa pers reguler di Beijing pada Senin (4/9/2023).

Bloomberg News melaporkan sebelumnya, dengan mengutip orang-orang yang akrab dengan situasi tersebut, ketegangan antara kedua negara terpadat di dunia ini bisa saja mencegah para pemimpin G-20 mengeluarkan komunike bersama untuk pertama kalinya sejak forum ini dibentuk pada 1999. Ketidakhadiran Xi Jinping juga akan menjadi pukulan bagi tuan rumah, PM Narendra Modi.

Hal ini juga akan menandai perubahan besar dalam cara kerja Xi Jinping. Pemimpin China ini telah menghadiri setiap KTT pemimpin G-20 sejak berkuasa sekitar satu dekade yang lalu. Dia juga berusaha memperbaiki citranya sebagai pembawa perdamaian sejak keluar dari pembatasan Covid-19 selama tiga tahun pada pertemuan tahun lalu di Bali, Indonesia.