Logo Bloomberg Technoz

Forum Asean Dibayangi Selisih China-Jepang soal Limbah Nuklir

News
04 September 2023 10:20

Mesin proses air limbah Fukushima. (Japan Pool/AFP/Getty Images)
Mesin proses air limbah Fukushima. (Japan Pool/AFP/Getty Images)

Bloomberg News

Bloomberg, Kemarahan China soal pelepasan air limbah radioaktif yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Jepang membayangi forum Asean yang digelar di Jakarta mulai Selasa (05/09/2023).

Perdana Menteri Fumio Kishida dan Perdana Menteri China Li Qiang akan hadir dalam forum ini. Namun, Li mungkin akan menggunakan pertemuan dengan negara-negara Asia Tenggara dan Korea Selatan (Korsel) sebagai kesempatan untuk mencela Kishida di depan tokoh-tokoh regional.

China telah menjadi penentang paling vokal terhadap langkah Jepang membuang air limbah itu. Meskipun para ilmuwan, termasuk setidaknya satu dari China dalam tinjauan rencana yang dipimpin oleh Badan Tenaga Atom Internasional, mengatakan bahwa pelepasan ini tidak memiliki dampak besar pada manusia dan lingkungan.

Pemerintah China telah melarang seluruh impor produk laut Jepang, yang membuat Jepang mengancam mengambil tindakan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Warga di China pun menyuarakan untuk boikot produk-produk Jepang. Kedutaan besar, konsulat, dan sekolah-sekolah Jepang di China dilempari telur dan batu.