Logo Bloomberg Technoz

Steven Guilbeault, Menteri Lingkungan Hidup Kanada menerangkan, “Tetapi tujuan dari pekerjaan yang akan kami lakukan tahun depan adalah untuk mengeksplorasi secara spesifik apa maksudnya?” Gilbeault menambahkan. 

“Konkretnya seperti apa?” Dia adalah wakil ketua dewan tersebut, sebuah badan yang didirikan pada tahun 1992 dengan dukungan dari Kanada, yang telah menjadi donor internasional terbesarnya.

Kanada telah mengurangi penggunaan listrik berbahan bakar batu bara, dan Perdana Menteri Justin Trudeau telah berjanji untuk mengakhiri ekspor batu bara termal pada tahun 2030. Sementara itu, Kanada mengekspor batu bara senilai C$7,7 miliar, sekitar US$5,7 miliar pada tahun 2021, menurut statistik pemerintah yang juga mencakup batu bara metalurgi untuk produksi baja. Hampir separuh ekspor batu bara Kanada ditujukan ke Tiongkok.

Ketika ditanya apakah ia melihat gas alam Kanada membantu Tiongkok beralih dari batu bara, Guilbeault mengatakan Kanada akan memiliki beberapa terminal LNG yang mulai beroperasi di pantai baratnya dalam beberapa tahun ke depan. Namun dia juga memberikan peringatan.

“Pemerintah tidak akan memutuskan ke mana LNG akan disalurkan, pasarlah yang akan memutuskan,” katanya. “Kami ingin mempertimbangkan peran yang dapat dimainkan oleh LNG, namun dalam jangka panjang, kami juga perlu mengurangi ketergantungan kami pada semua bahan bakar fosil, termasuk LNG.”

Perjalanan Guilbeault minggu ini menimbulkan kontroversi signifikan di dalam negeri karena serangkaian krisis diplomatik antara Kanada dan Tiongkok.

Konflik terbesar dimulai pada tahun 2018 setelah Meng Wanzhou, kepala keuangan Huawei, ditangkap di Vancouver atas permintaan ekstradisi AS. Warga negara Kanada Michael Kovrig dan Michael Spavor ditahan beberapa hari setelah penangkapan Meng dan ditahan hingga ketiganya dibebaskan pada September 2021.

Baru-baru ini, pemerintahan Trudeau mendapat kecaman karena cara mereka menanggapi laporan intelijen bahwa Tiongkok telah melakukan campur tangan dalam pemilu Kanada dalam upaya memilih politisi yang ramah terhadap Beijing. Trudeau diperkirakan akan mengadakan penyelidikan yudisial atas masalah ini dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, Guilbeault mempertahankan perannya di dewan. Dia menunjukkan bahwa meskipun strategi Indo-Pasifik Kanada – yang diterbitkan tahun lalu – bertujuan untuk melawan pengaruh Tiongkok di wilayah tersebut, strategi tersebut juga berjanji untuk bekerja sama dengan Tiongkok dalam kebijakan iklim.

Sekutu Barat termasuk Amerika Serikat dan Inggris juga telah terlibat dengan Tiongkok dalam hal perubahan iklim.

Dewan tersebut mempunyai para ahli dan perwakilan pemerintah dari seluruh dunia, dan keterlibatan internasional mempermudah perdebatan topik-topik “sensitif” seperti konsumsi batu bara, katanya.

“Ini adalah forum yang lebih netral di mana kita dapat membicarakan hal-hal ini dan tidak terlalu kontroversial, namun kurang sensitif secara politik,” katanya.

(bbn)

No more pages