Logo Bloomberg Technoz

Perdana dalam 2 Tahun, Batu Bara Australia Akhirnya Masuk China

News
09 February 2023 05:44

Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengiriman batu bara dari Australia ke China untuk kali pertama dalam lebih dari 2 tahun sudah hampir rampung. Perkembangan ini menandai perbaikan hubungan dagang kedua negara setelah pembicaraan diplomatik selama berbulan-bulan.

Kapal Magic Eclipse sudah merapat di kota Zhanjiang, kemarin, berdasarkan data Bloomberg. Kapal ini mengangkut batu bara dari Australia untuk pasar China. Zhanjiang adalah pusat produksi baja di Negeri Panda.

Mengutip Bloomberg News, China sebelumnya menerapkan larangan informal terhadap batu bara Australia sejak 2020. Kala itu, Perdana Menteri Scott Morrison mendesak penyelidikan terhadap asal-muasal pandemi Covid-19 yang bermula di Kota Wuhan.

Larangan impor produk Australia oleh China tidak hanya untuk batu bara tetapi juga anggur (wine), barley, dan lobster. China adalah mitra dagang terbesar Negeri Kanguru.

Namun pada Mei lalu Australia dipimpin oleh pemerintahan baru berhaluan kiri-tengah. Sejak saat itu hubungan Australia-China terus membaik.