Logo Bloomberg Technoz

Intel Estonia: Putin Masih Pede Lawan Ukraina

News
08 February 2023 17:48

Presiden Rusia Vladimir Putin (Dok Kremlin)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Dok Kremlin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin terus maju dengan invasinya ke Ukraina dengan banyaknya sumber daya yang tersedia untuk mendukung peralatan perang negaranya. Menurut intelijen Estonia, Putin saat ini masih optimistis akan menang.

Mengutip Bloomberg News, sebuah laporan tahunan, Badan Intelijen Luar Negeri Estonia menyatakan bahwa Rusia tidak gentar meski mereka tidak dapat membuat "lompatan kualitas" dalam kemampuan perangnya.

“Putin mengulur waktu, ia percaya bahwa Ukraina dan Barat akan kalah dengan Rusia. Dia memperkirakan bisa menghancurkan Ukraina ke meja perundingan." tulis laporan itu.

Bahkan saat para perencana militer Rusia lengah oleh kemampuan Ukraina untuk mempertahankan diri dan ruang lingkup sanksi AS dan Uni Eropa, pemerintah Putin tidak menunjukkan tanda-tanda gentar dan mampu menggunakan alat-alat “imperialisme yang diinduksi propaganda,” tambahnya.

Elit Rusia semakin khawatir bahwa Putin sudah hilang akal, tetapi kebanyakan dari mereka tidak berani mengambil langkah nyata, katanya lagi. Tidak ada kelompok signifikan yang menganut nilai-nilai demokrasi pasca-Putin yang potensial di Rusia.