Logo Bloomberg Technoz

"Saat ini dunia sedang memberikan perhatian kepada blok ini karena berada di garis depan untuk mengurangi ketergantungan pada dolar,” ujar Paul Mashatile. “Kami di sini bukan untuk bersaing dengan Barat (negara-negara Amerika Utara, Eropa Barat dan Australia). Kami menginginkan ruang kami dalam bisnis global.”

"Saya ingin membeli sesuatu dari India. Mengapa saya harus menggunakan dolar?" ungkap mantan Presiden Nigeria Olusegun Obasanjo pada pertemuan itu yang disambut dengan sorakan keras dari para hadirin. "Ini adalah sistem pembayaran dan penyelesaian yang memungkinkan saya untuk membeli apa pun yang ingin saya beli di India, apa pun yang ingin saya beli di Brasil, tanpa harus mencari dolar."

Meski memiliki ambisi besar, masih terdapat penghalang untuk menjalankan program ini. Salah satunya soal pengaruh lembaga-lembaga internasional seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia (World Bank) atau Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pengaruh Barat cukup kuat pada lembaga-lembaga tersebut.

Sebagai contoh bank pembangunan BRICS baru menyalurkan pinjaman sebesar US$32,8 miliar dalam delapan tahun operasinya. Angka ini hanya sebagian kecil dari jumlah yang telah disalurkan oleh IMF dan Bank Dunia selama periode tersebut.

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Naledi Pandor mengungkapkan selama pertemuan tersebut akan berlangsung sebuah diskusi strategis mengenai bagaimana meningkatkan peran lembaga-lembaga multilateral.

(bbn)

No more pages