Logo Bloomberg Technoz

Cara Korut Protes Latihan Militer Korsel-AS: Uji Rudal & Hacker

News
21 August 2023 15:15

Korut Uji ‘Drone’ Bawah Laut, Bisa Timbulkan 'Tsunami Radioaktif' (Sumber: Bloomberg)
Korut Uji ‘Drone’ Bawah Laut, Bisa Timbulkan 'Tsunami Radioaktif' (Sumber: Bloomberg)

Hooyeon Kim dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dilaporkan mengawasi uji coba peluncuran rudal jelajah strategis dari sebuah kapal angkatan laut. Ini merupakan laporan dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) pada Senin (21/8/2023), tepat ketika Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) akan memulai latihan militer tahunan.

"Pada latihan yang bertujuan untuk memastikan kembali fungsi tempur kapal dan fitur sistem rudal dan meningkatkan keterampilan para pelaut dalam menjalankan misi serangan dalam perang yang sebenarnya, kapal tersebut dengan cepat mencapai target tanpa kesalahan," lapor KCNA.

KCNA tidak memberikan rincian tentang jenis atau jumlah rudal jelajah yang digunakan, atau tanggal pelaksanaannya. Korea Utara (Korut) tidak dilarang oleh resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan uji coba rudal jelajah.

Korea Utara lakukan uji coba rudal. (Sumber: Bloomberg)

Kim Jong Un, yang dilaporkan mengamati uji coba tersebut dari kapal lain, dikutip oleh KCNA mengatakan, "Semua unit kapal perang permukaan dan bawah laut Angkatan Laut harus benar-benar menjaga mobilitas yang konstan dan terus meningkatkan kemampuan untuk perang yang sebenarnya."