Logo Bloomberg Technoz

Asing Kembali, Rupiah Bisa Menuju Rp14.900/US$ Akhir Tahun Ini

Ruisa Khoiriyah
21 August 2023 08:02

Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)
Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah memiliki peluang penguatan dengan dana asing diperkirakan kembali menemukan momentum masuk ke pasar domestik.

Sepanjang tahun ini, rupiah tercatat sebagai satu-satunya valuta Asia yang mencatat penguatan melawan dolar Amerika meski dalam beberapa pekan terakhir capaian itu terkikis hingga ke level terlemah dalam lima bulan, akibat kegelisahan pelaku pasar memperhitungkan arah bunga acuan Federal Reserve yang terus melontarkan sinyal hawkish.

Akan tetapi, rupiah masih dipandang sebagai mata uang yang memberikan carry return menarik bagi pemodal global didukung oleh defisit anggaran negara yang menyempit.

"Pencapaian target fiskal Indonesia bisa membantu memposisikan rupiah ke lajur penguatan yang lebih kuat setelah the Fed berbalik arah dan imbal hasil US Treasury memasuki tren melemah," kata Alan Lau, Strategist di Malayan Banking Berhad Singapura seperti dilansir dari Bloomberg News, Senin (21/8/2023).  

Analis memperkirakan nilai tukar rupiah menghadapi dolar AS berpeluang menapak ke kisaran Rp14.900/US$ pada akhir tahun ini.

Mata uang Indonesia rupiah berpeluang kembali menguat (Bloomberg)