Logo Bloomberg Technoz

Round Up: Koalisi 'Rasa Jokowi', Polusi Parah dan Pak Lurah

Ezra Sihite
21 August 2023 06:20

Presiden Jokowi. (Dok: Setpres)
Presiden Jokowi. (Dok: Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sepekan terakhir, berita-berita isu politik dan nasional yang menarik perhatian pembaca belum lepas dari dinamika pencalonan di pemilu presiden hingga koalisi yang kini menemukan poros baru. Selain soal isu koalisi politik partai-partai pengusung bakal calon presiden dan calon wakil presiden, isu polusi udara juga cukup ramai dibaca.

Kualitas udara buruk dalam beberapa waktu terakhir membuat Presiden Jokowi khusus menginstruksikan penanganan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang kepada para pembantunya. Selain tentang polusi, pidato kenegaraan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR juga mendapat perhatian. Pidato yang kental nuansa politis pencapresan hingga sebutan "pak lurah" yang muncul ditanggapi beragam.

Menyambut pekan yang baru, berikut round up singkat berita-berita nasional politik pilihan yang ramai dibaca dalam 7 hari terakhir:

1. Koalisi Besar Prabowo 'Rasa' Jokowi

Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)

Unjuk kekuatan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhadapan dengan PDIP itu kini berwujud. Koalisi besar yang sempat diwacanakan April 2023 silam sudah punya bentuk. Pada saat itu, Jokowi bersilaturahmi Ramadan dengan 5 ketua umum partai politik koalisi pendukung pemerintah. Wacana jalan bersama menuju Pemilihan Presiden 2024 pun mengemuka. Lebih tiga bulan berproses hingga akhirnya mengejawantah.