Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Hadapi Potensi Koreksi Terbatas: Analisis Teknikal

Muhammad Julian Fadli
15 August 2023 08:40

Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)
Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai rupiah hari ini berpotensi melanjutkan pelemahan secara teknikal. Ditambah sisi fundamental yang tidak mendukung peluang penguatan, akan sulit bagi rupiah untuk bangkit dan melawan keperkasaan dolar Amerika Serikat.

Mata uang Indonesia rupiah berpotensi mengalami koreksi terbatas di antara area Rp15.354-Rp15.370/US$. Indikator MA-200 kemarin telah jebol tertembus yang menjadi support terkuat rupiah kini menjadi level resistance terdekat pada Rp15.218/US$.

Apabila pelemahan kembali berlanjut dengan tekanan yang tinggi, trendline garis putih pada level Rp15.414/US$ akan jadi support terakhir. Sementara resistance selanjutnya ada pada Rp15.164/US$.

Analisis Teknikal Nilai Rupiah Selasa 15 Agustus (Divisi Riset Bloomberg Technoz)

Sentimen pemberat lebih banyak

Rilis data ekspor impor Indonesia hari ini diprediksi akan menunjukkan kontraksi berlanjut dengan nilai surplus semakin mengecil. Kekhawatiran terhadap kondisi China dan tekanan outlook bunga acuan Amerika membuat pelaku pasar bersikap waspada.

Premi risiko RI terus meningkat menunjukkan pemodal memberi bobot risiko Indonesia lebih tinggi saat ini. Berdasarkan data Bloomberg, reli premi Credit Default Swap (CDS) Indonesia 5 tahun berlangsung selama 7 hari tanpa putus dan pagi ini masih terpantau menguat di kisaran 84,25.