Logo Bloomberg Technoz

Wamen BUMN Bicara Soal Restrukturisasi Utang Waskita ke Bank

Mis Fransiska Dewi
14 August 2023 15:09

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo membeberkan perkembangan restrukturisasi yang dilakukan oleh emiten kontruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau WSKT dengan perbankan. Menurutnya proses pembayaran utang dengan bank sudah hampir sepakat.

“Untuk perbankan sudah hampir sepakat. Kami akan perpanjang pembayaran pokok dan bunga mungkin 10 tahun yang dilakukan secara bertahap,” ungkap Kartika di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kartika menjelaskan restrukturisasi yang paling menantang datang dari pemegang obligasi Waskita Karya. Ia pun berharap pemegang obligasi bisa kooperatif mengikuti skema yang ada di perbankan.

Sekadar catatan, WSKT mengalami gagal bayar bunga ke-12 dan pelunasan pokok atas obligasi berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2022. Berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg, BUMN Karya tersebut memiliki total utang sebesar US$8,9 juta atau Rp135,5 miliar, dengan bunga sebesar 10,75% per tahun.

Waskita Karya menanggung utang besar pada bank BUMN (Bloomberg)

Dampak dari gagal bayar bunga ini membuat banyak pihak meragukan kemampuan perusahaan membayar kewajibannya. Berdasarkan laporan keuangan semester I-2023, Waskita Karya mencatatkan beban utang dan rasio utang yang luar biasa tinggi. Waskita mencatat total utang mencapai Rp84,31 triliun. Adapun sejumlah Rp22,79 triliun adalah utang jangka pendek (current liabilities) dan Rp61,51 triliun merupakan utang jangka panjang.

Nasib PMN Waskita Karya