Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran Hutan di Portugal, 1.000 Orang Dievakuasi

News
08 August 2023 20:00

Ilustrasi Kebakaran Hutan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Kebakaran Hutan (Bloomberg Technoz)

Ellie Harmsworth, Henrique Almeida dan Paul Tugwell - Bloomberg News

Bloomberg, Lebih dari 1.000 orang dievakuasi dari kebakaran hutan di Portugal selatan, lantaran gelombang panas Eropa makin meningkat di semenanjung Iberia.

Lebih dari 800 petugas pemadam kebakaran ditugaskan untuk menghentikan kobaran api di dekat kota Odemira, saat angin kencang mendorong kobaran api di perbukitan berhutan di Portugal. Suhu pada Senin (7/8/2023) di Santarem tercatat 46,6 derajat celcius. Total hampir 3.000 petugas pemadam menangani kebakaran hutan di seluruh negeri.

Risiko kebakaran hutan berlanjut di seluruh Mediterania. Pihak berwenang di Yunani tetap dalam siaga tertinggi setelah 54 titik kobaran api berhasil dikendalikan dalam 24 jam terakhir. Pada Juli, Yunani dihanguskan oleh 1.470 kebakaran hutan, termasuk kebakaran yang memaksa ribuan wisatawan dievakuasi dari Pulau Rhodes.

Emisi bahan bakar fosil telah mendorong pemanasan global, yang meningkatkan intensitas gelombang panas yang melintasi belahan bumi utara dari California hingga Turpan di China. Panas eksterm telah memicu kebakaran hutan, banjir, dan badai dahsyat yang menggantu sistem listrik hingga transportasi, serta mengancam kesehatan dan mata pencaharian dari jutaan orang. Juli pun dinyatakan sebagai bulan terpanas dunia sepanjang sejarah, menyusul rekor panas yang sebelumnya terjadi di bulan Juni.

Baca Juga