Logo Bloomberg Technoz

Gundah Demokrat dan PKS Soal Cawapres Koalisi Anies

Sultan Ibnu Affan
08 August 2023 09:20

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sinyalemen pengumuman cawapres pilihan Anies Baswedan akan di last minute yang dikemukakan oleh ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, kembali membuat gundah mitra koalisi, Partai Demokrat dan PKS. 

Menurut Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, deklarasi paket capres-cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan seharusnya diumumkan segera karena waktu  yang tinggal enam bulan sebelum pemilu sementara elektabilitas tidak tinggi. 

"Tak ada alasan yang rasional atau argumen yang memadai untuk menunda-nunda deklarasi paket komplet capres dan cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan," kata Kamhar saat dihubungi pada Senin (7/8/2023).

Dia mengatakan Koalisi Perubahan sadar bahwa figur yang mereka calonkan belum memiliki elektabilitas tinggi dan  tak punya privilese sebagai petahana yang memiliki akses berlimpah.

"Justru sebaliknya, kita berada pada posisi yang mesti bekerja ekstra untuk mengejar ketertinggalan elektabilitas dan pada posisi yang vis a vis dengan penguasa yang memiliki besutan kandidat sendiri," tambahnya.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)