Logo Bloomberg Technoz

Juli, Cadangan Devisa RI Bertambah US$200 Juta

Hidayat Setiaji
07 August 2023 10:05

Ilustrasi Dolar (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Dolar (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cadangan devisa Indonesia meningkat pada Juli 2023 dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini ditopang oleh penerimaan pajak dan jasa.

Bank Indonesia melaporkan, cadangan devisa per akhir bulan lalu adalah US$ 137,7 miliar. Bertambah US$ 200 juta dibandingkan Juni 2022, antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," sebut keterangan tertulis BI, Senin (7/8/2023).

Ke depan, lanjut keterangan BI, cadangan devisa akan tetap memadai didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.