Logo Bloomberg Technoz

RI Gaet Tambahan Potensi Ekspor Rp23 M ke Meksiko Lewat EIM

Arif Subakti
05 August 2023 14:00

Pendemo memprotes perubahan pemilu yang diusulkan di Zocalo Square di Mexico City, Meksiko, Minggu (26/2/2023). (Alejandro Cegarra/Bloomberg)
Pendemo memprotes perubahan pemilu yang diusulkan di Zocalo Square di Mexico City, Meksiko, Minggu (26/2/2023). (Alejandro Cegarra/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indonesia menggaet potensi ekspor sejumlah komoditas manufaktur senilai Rp23,2 miliar ke Meksiko, melalui keikutsertaan dalam pameran Expo Indonesia en Mexico (EIM).

Menurut Kementerian Perdagangan, pergelaran EIM menjadi platform pertemuan bisnis di bidang perniagaan, investasi, dan pariwisata antarkedua negara. Acara tersebut berlangsung 3—6 Agustus 2023 dan diikuti 51 pengusaha dari berbagai sektor.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan melalui forum tersebut, pengusaha Indonesia berhasil mengamankan empat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk mengekspor beberapa komoditas ke Meksiko.

“MoU dilakukan antara PT Cempaka Karya Utama Sukabumi Stone Meksiko, PT Indoprima Gemilang-Golden Friction, PT Asia Garment Internasional Pareos, dan PT Adara Aspira La Pasiega dengan masing masing produk seperti batu alam, makanan dan minuman, kain pinal dan suku cadang dengan nilai transaksi potensial mencapai Rp23,2 miliar,” ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (5/8/2023).

Zulhas, sapaan akrabnya, mengatakan EIM digelar untuk mempeluas pasar produk Indonesia dengan memperkenalkan beragam produk asal Indonesia ke Benua Amerika