Logo Bloomberg Technoz

Gantikan Plumpang, Jakarta New Green Terminal Segera Dibangun

Donald Banjarnahor
03 August 2023 18:20

Terminal BBM Plumpang. (Dok Pertamina.com)
Terminal BBM Plumpang. (Dok Pertamina.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proyek relokasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang ke areal Kalibaru, Jakarta Utara dikabarkan bakal dimulai pada pekan depan, dengan target finalisasi dan operasi komersial pada 2027. 

“Dalam hitungan hari akan ada seremoni untuk pembangunan New Green Terminal,” ujar sumber Bloomberg Technoz, yang menolak disebut namanya lantaran proyek tersebut masih dalam proses. 

Perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Pertamina belum bersedia memberikan komentar saat dimintai konfirmasi terkait dengan kabar tersebut.

Akan tetapi, Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi sebelumnya mengatakan kepada Bloomberg Technoz, proyek TBBM tersebut nantinya akan diberi nama Jakarta New Green Terminal, yang akan dibangun di areal milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). 

“Ini kami sudah mendapatkan mandat dari Bu Nicke [Widyawati] sebagai Dirut Pertamina untuk mengembangkan konsep terminal baru untuk menyokong wilayah Jabodetabek. [...] Ini namanya ‘Project Horizon X’. Jadi horizon itu artinya untuk jangka panjang. X itu artinya ‘sesuatu yang baru’,” ujarnya saat ditemui belum lama ini.