Logo Bloomberg Technoz

Pasangan ini memiliki tiga anak: Xavier, 15 tahun; Ella Grace, 14 tahun; dan Hadrien, sembilan tahun.

Di negara di mana kehidupan pribadi para politisi biasanya tidak dipublikasikan, keluarga Trudeau justru berbeda. Keluarga perdana menteri ini menarik perhatian baik di dalam maupun luar negeri. 
Majalah Vogue pernah menerbitkan liputan heboh tentang pasangan ini tak lama setelah Trudeau pertama kali terpilih sebagai perdana menteri pada tahun 2015. 

Selebritas global tersebut merupakan gema dari ayahnya, Pierre Trudeau, yang menjabat sebagai perdana menteri pada tahun 1970-an dan awal 1980-an. Pierre dan istrinya, Margaret, terkenal sering berpesta dengan Rolling Stones dan bintang-bintang lainnya dalam perjalanan ke New York City.

Ayah Trudeau juga mengakhiri pernikahannya saat menjabat. Pada tahun 1977, sembilan tahun setelah terpilih sebagai perdana menteri, Pierre Trudeau mengumumkan bahwa ia dan Margaret berpisah. Justin Trudeau berusia lima tahun saat itu.

Pada Rabu sore, kantor Trudeau merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa pasangan ini telah menandatangani perjanjian perpisahan secara hukum, tetapi masih akan berlibur bersama mulai minggu depan.

"Mereka tetap menjadi keluarga dekat dan Sophie serta perdana menteri fokus untuk membesarkan anak-anak mereka dalam lingkungan yang aman, penuh kasih, dan kolaboratif. Kedua orang tua akan selalu hadir dalam kehidupan anak-anak mereka dan warga Kanada dapat berharap untuk sering melihat keluarga tersebut bersama-sama," kata kantor tersebut.

Ketika Presiden AS Joe Biden mengunjungi Kanada pada Maret, Gregoire Trudeau mengajak Ibu Negara Jill Biden bertamasya ke Ottawa, termasuk mengunjungi arena curling setempat.

Dia juga memiliki kesepakatan penerbitan dua buku dengan Penguin Random House Canada. Buku pertama, tentang kesehatan untuk orang dewasa, akan diterbitkan pada tahun 2024 dan buku kedua, sebuah buku bergambar untuk anak-anak, akan diterbitkan pada tahun 2025.

Trudeau memuji istrinya yang telah membantu membentuk politik feminisnya, yang telah menghasilkan keputusan-keputusan seperti membentuk kabinet yang seimbang secara gender dan memfokuskan kebijakan luar negeri Kanada pada pemberdayaan perempuan.

--Dengan bantuan dari Laura Dhillon Kane.

(bbn)

No more pages