Logo Bloomberg Technoz

Ketegangan meningkat setelah pasukan tentara bayaran Wagner Group pindah ke Belarusia di bawah kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan yang digagalkan bulan lalu oleh pemimpin kelompok tersebut, Yevgeny Prigozhin. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki memperingatkan pekan lalu bahwa beberapa pejuang mungkin mencoba menyusup ke negaranya bersama dengan para migran ilegal.

Berbicara beberapa bulan menjelang pemilihan umum, sang perdana menteri tidak banyak memberikan penjelasan yang mendukung pernyataan tersebut. Pada 2020, Belarusia mengirim migran - sebagian besar dari Timur Tengah - melintasi perbatasan Polandia, sebuah langkah yang memicu kekacauan di perbatasan dan meningkatkan ketegangan dengan Uni Eropa.

John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional pada Selasa mengatakan bahwa AS tidak mengetahui adanya ancaman khusus yang ditimbulkan oleh Wagner terhadap Polandia atau anggota NATO lainnya. Presiden Lithuania Gitanas Nauseda juga memperingatkan minggu ini bahwa perusahaan militer swasta Rusia itu dapat melakukan "berbagai provokasi" di seberang perbatasan.

- Dengan bantuan dari Megan Howard dan Andrey Lemeshko.

(bbn)

No more pages

Baca Juga