Logo Bloomberg Technoz

Peringatan Polandia Soal Tentara Wagner yang Berontak ke Putin

News
31 July 2023 16:10

Senjata Rusia dikembalikan Wagner Group (Sumber: Bloomberg)
Senjata Rusia dikembalikan Wagner Group (Sumber: Bloomberg)

Piotr Skolimowski - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki memperingatkan bahwa pasukan tentara bayaran Wagner Group mungkin akan mencoba memasuki negaranya dari negara tetangganya, Belarusia, bersama dengan para migran ilegal. Ini merupakan tanda terbaru dari potensi ketegangan di antara kedua negara.

Kehadiran pasukan Wagner di Belarusia telah membuat khawatir Polandia dan mengirim pasukan tambahan untuk memperkuat perbatasan timur negara itu. Mereka juga berencana memperluas tembok perbatasan guna mencegah penyeberangan ilegal.

"Kami memiliki informasi bahwa lebih dari 100 tentara bayaran Wagner telah bergerak ke arah Celah Suwalki, dekat Grodno di Belarusia bagian barat,“ kata Morawiecki kepada para wartawan akhir pekan lalu. Dia menggambarkan pergerakan pasukan Wagner itu sebagai langkah menuju serangan hibrida di wilayah Polandia.

Peta Wagner tarik kembali pasukan. (Sumber: Bloomberg)

Polandia, anggota Uni Eropa dan NATO, terletak di posisi strategis secara geografis, dengan perang Rusia di Ukraina yang berlangsung di sebelah timurnya. Meskipun telah menjadi salah satu pendukung terbesar Ukraina dalam konflik ini, Polandia tidak menunjukkan niat mengambil tindakan militer untuk menunjukkan dukungannya.