Logo Bloomberg Technoz

Fokus Ke Taksi, Waymo Perlambat Bisnis Truk Self Driving

News
29 July 2023 19:50

Waymo
Waymo

David Welch - Bloomberg News

Bloomberg - Waymo, unit self-driving yang dimiliki oleh induk Google, Alphabet Inc., sedang memperlambat pengembangan truk yang dapat berkendara sendiri, yang dilakukan oleh anak perusahaan Via.

“Dengan keputusan kami untuk fokus pada ride-hailing, kami akan memundurkan time line pada upaya komersialisasi dan operasional kami pada angkutan truk, serta sebagian besar pengembangan teknis kami pada unit bisnis tersebut,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada 26 Juli. “Kami akan melanjutkan kolaborasi kami dengan mitra strategis kami, Daimler Truck, untuk memajukan pengembangan teknis platform truk otonom.”

Langkah itu dilakukan karena Alphabet memprioritaskan disiplin keuangan. Perusahaan mengatakan pihaknya mempromosikan Chief Financial Officer Ruth Porat menjadi presiden dan chief investment officer, mengatakan bahwa itu akan tetap berpegang pada budaya hemat yang telah dia tanamkan.

Teknologi self-driving telah mengambil langkah mundur dalam beberapa tahun terakhir. Usaha otonom seperti Waymo telah menghabiskan miliaran dolar dalam modal hanya untuk menghasilkan hanya sedikit pendapatan atau malah tidak ada. Waymo telah membuat lebih banyak kemajuan dalam memonetisasi bisnis robotaxi daripada di bidang angkutan truk.