Logo Bloomberg Technoz

Bulog Bakal Salurkan Tunjangan Beras untuk TNI, Polri, dan ASN

Rezha Hadyan
06 February 2023 07:13

Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Wacana pemberian tunjangan pangan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI), kepolisian (Polri), dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bentuk beras melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) kembali mencuat.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyebut pemberian tunjangan pangan bagi TNI, Polri, dan ASN dalam bentuk beras akan dilakukan untuk meningkatkan penyaluran beras dari BUMN Pangan itu. Saat ini, Bulog hanya menyalurkan beras untuk keperluan operasi pasar dan sebagian kecil komersial.

"Kalau kita menyerap [beras] sebanyak mungkin, kita nantinya tentu saja akan menyalurkan sebanyak mungkin. Tidak hanya untuk operasi pasar, tapi nantinya juga untuk kepentingan ASN, TNI dan Polri," katanya di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Buwas, demikian sapaan akrabnya, menyebut tunjangan pangan berupa beras untuk TNI, Polri, dan ASN akan diatur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui peraturan presiden (Perpres). Perlu diketahui, usulan tersebut sudah beberapa kali diutarakan Buwas agar para abdi negara bisa memperoleh tunjangan yang lebih bermanfaat.

"Tunjangan beras yang mereka dapatkan dan masuk dalam gaji itu nilainya lebih kecil dari harga beras sebenarnya. Jadi, abdi negara ini akhirnya mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli beras," ujarnya.