Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Eropa Melesat Pasca Pengumuman ECB

News
28 July 2023 06:37

Ilustrasi pasar Eropa (Bloomberg)
Ilustrasi pasar Eropa (Bloomberg)

Farah Elbahrawy dan Julien Ponthus -Bloomberg News

Bloomberg -  Bursa saham Eropa menguat ke level tertinggi sejak Februari tahun lalu setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan suku bunga sesuai ekspektasi. Keputusan ECB dinilai investor sebagai sinyal akhir dari siklus pengetatan moneter mereka, meski ada opsi opsi kenaikan pada pertemuan berikutnya.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 1,4% pada penutupan di London. Saham-saham teknologi melonjak 4,4%, terbesar sejak awal Februari, sementara sebagian besar sektor menghijau di tengah hari yang sibuk dengan pendapatan.

Kenaikan kesembilan berturut-turut ECB sejak Juli lalu membawa suku bunga deposito menjadi 3,75% pada hari Kamis – seperti yang diperkirakan para ekonom. Kurangnya panduan untuk keputusan bulan September berarti ECB dapat menaikkan lagi, atau bertahan, tergantung pada kekuatan keyakinannya bahwa inflasi akan kembali ke sasaran 2%.

"Output ekonomi yang baik di Jerman akan berdampak pada keputusan suku bunga di masa depan, jadi menurut saya tidak akan ada peningkatan lebih lanjut tahun ini," kata Guillermo Hernandez Sampere, kepala perdagangan di manajer aset MPPM.

Kinerja saham Eropa pasca pengumuman ECB (Bloomberg)