Logo Bloomberg Technoz

Indeks Keyakinan Konsumen AS Meningkat, Tertinggi Setelah 2 Tahun

News
26 July 2023 10:35

Ilustrasi belanja di Amerika Serikat. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi belanja di Amerika Serikat. (Sumber: Bloomberg)

Reade Pickert - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks keyakinan konsumen Amerika Serikat (AS) meningkat di bulan Juli ke level tertinggi setelah dua tahun. Peningkatan ini didukung oleh pasar tenaga kerja yang kuat dan meredanya inflasi.

Berdasarkan data yang dirilis Conference Board pada Selasa (26/7/2023), indeks keyakinan konsumen naik menjadi 117 bulan ini, setelah sebelumnya berada di level 110,1 pada bulan Juni. Angka tersebut melebihi estimasi median 112 dalam survei ekonom Bloomberg.

Indeks keyakinan konsumen AS meningkat. (Sumber: Bloomberg)

“Keyakinan yang lebih besar terbukti di semua kelompok usia, juga di antara para konsumen yang berpenghasilan kurang dari US$50.000 dan mereka yang berpenghasilan lebih dari US$100.000,” kata Dana Peterson, kepala ekonom di Conference Board dalam sebuah pernyataan.

Data ekonomi baru-baru ini telah memperkuat harapan AS mencegah resesi, dengan pasar tenaga kerja yang menguat, bahkan saat alat pengukur inflasi utama menunjukkan tanda-tanda kemajuan yang menggembirakan. Upah juga akhirnya mengimbangi inflasi, memberi banyak sarana bagi rumah tangga untuk mempertahankan pengeluaran.