Logo Bloomberg Technoz

Komentar Dovish Pejabat ECB Mengerek Naik Harga Emas Dunia

News
19 July 2023 08:40

Ilustasi emas Fine Gold Switzerland
Ilustasi emas Fine Gold Switzerland

Eddie Spence - Bloomberg News - 

Bloomberg, Harga emas naik menyusul penurunan tingkat imbal hasil alias yield US Treasury notes, obligasi Amerika, terpicu komentar bernada dovish dari pejabat kunci Bank Sentral Eropa.

Anggota Dewan Gubernur ECB yang terkenal hawkish Klaas Knot mengatakan pengetatan moneter di luar pertemuan minggu depan sama sekali bukan jaminan. Imbal hasil obligasi global, termasuk Departemen Keuangan AS turun menyusul komentar tersebut, mendorong harga emas sebagai instrumen non-yield

Harga logam mulia berkonsolidasi di sekitar US$1.950 per troy ounce, ketika investor menunggu pandangan yang lebih jelas tentang jalur kebijakan moneter Federal Reserve. Sementara pedagang swap melihat kenaikan pada pertemuan berikutnya hampir pasti, konsensus menjadi lebih terbagi dari sana.

Data pada Selasa menunjukkan penjualan ritel AS naik kurang dari yang diharapkan, tanda yang berpotensi disambut baik oleh Fed karena berusaha untuk mendinginkan inflasi. Namun, angka tidak termasuk pembelian mobil dan gas sejalan dengan perkiraan, menunjukkan konsumsi yang relatif kuat.

ETF emas bergerak naik (Bloomberg)