Logo Bloomberg Technoz

Kepala IKN: 3 Investor Siap Bangun Hunian di Ibu Kota Baru

Krizia Putri Kinanti
02 February 2023 14:55

Pulau buatan terlihat dalam foto udara yang diambil di resor ekowisata Samboja Lodge, Kalimantan Timur (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pulau buatan terlihat dalam foto udara yang diambil di resor ekowisata Samboja Lodge, Kalimantan Timur (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Bambang Susantono saat ini ada tiga investor yang siap membangun hunian di IKN, yaitu Konsorsium CCFG Corp. dan PT Risjadson Brunsfield Nusantara dengan investasi sebesar Rp30,8 trilliun.

Selain itu, ada Korea Land and Housing Corp dengan investasi Rp8,65 trilliun dan PT Summarecon Agung Tbk. sebesar Rp1,67 trilliun. Melalui invetasi tersebut nantinya akan dibangun 184 tower hunian dengan kapasitas 14.500 jiwa dan direncanakan akan selesai pada akhir 2024. 

Ia menjelaskan hingga akhir Januari 2023, terdapat lebih dari 100 investor yang menyatakan tertarik berinvestasi di IKN, 90 di antaranya telah menyampaikan Letter of Intent atau surat pernyataan minat kepada Otorita. 

Sejumlah sektor investasi yang diminati para investor, antara lain adalah infrastruktur dan unitilitas sebanyak 25 investor. Sementara 15 investor disebut tertarik berinvestasi di sektor edukasi, 14 tertarik di bidang konsultan, dan 10 investor disebut tertarik menanamkan uangnya di sektor perumahan.

Sektor komersial juga tidak luput dari bidikan investor, di mana terdapat 9 investor yang telah mengutarakan niatnya. Adapula yang ingin berinvestasi di bidang teknologi, kesehatan dan perkantoran.