Logo Bloomberg Technoz

Rusia Setop Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Usai Ledakan Krimea

News
17 July 2023 18:00

Jembatan Krimea (Dok. Bloomberg)
Jembatan Krimea (Dok. Bloomberg)

Megan Durisin - Bloomberg News

Bloomberg,  Kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina, atau yang dikenal sebagai Black Sea Grain Initiatives (Kesepakatan Biji-Bijian Laut Hitam), dihentikan hampir setahun setelah Rusia mengakhiri pakta tersebut. Hal ini semakin meningkatkan ketidakpastian atas pasokan pangan global.

Moskow telah berulang kali mengancam tidak akan memperpanjang kesepakatan tersebut, namun pada Mei mereka setuju untuk memperpanjang selama dua bulan hingga 17 Juli 2023. Setelah tenggat waktu tiba, Rusia memutuskan untuk tak memperpanjang kesepakatan, yang nantinya akan berdampak pada para pembeli utama seperti China, Spanyol, dan Mesir.

"Kesepakatan tidak lagi berlaku hari ini," kata seorang juru bicara Kremlin seperti dilaporkan oleh kantor berita Rusia Tass. "Sayangnya, bagian yang berkenaan dengan Rusia di perjanjian Laut Hitam tersebut sampai saat ini belum terpenuhi. Sehingga, perjanjian pun dihentikan."

Langkah ini membahayakan rute perdagangan utama dari Ukraina, sebagai salah satu pengirim biji-bijian dan minyak nabati terbaik dunia, saat panen berikutnya dimulai. Keputusan Rusia juga dibuat setelah mengklaim pesawat tak berawak Ukraina merusak jembatan utama Krimea pada Senin (17/7/2023).