Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sidak Harga Beras, Operasi Pasar Akan Dimasifkan

Fransisco Rosarians Enga Geken
02 February 2023 09:48

Presiden Jokowi di lokasi acara Pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia 2023 (Foto: Humas Setkab
Presiden Jokowi di lokasi acara Pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia 2023 (Foto: Humas Setkab

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) akan melakukan operasi pasar secara masif mulai pekan ini. Dia mengeklaim, pemerintah akan mengintervensi pasokan untuk mengendalikan peningkatan harga beras di pasar.

"Sebenarnya (operasi pasar) sudah dari awal Januari. Tapi turunnya baru sedikit. Minggu-minggu ini Bulog akan meningkatkan," kata Jokowi di Pasar Baturiti, Bali seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/2/2023)

Berdasarkan hasil sidak, Jokowi mengatakan bahwa seluruh harga bahan kebutuhan pokok sebenarnya berada pada angka aman. Selain beras kata dia, minyak goreng memang mengalami sedikit kenaikan hingga harganya menyentuh Rp 15.000 per liter. Meski demikian, pemerintah masih memasukkannya dalam kategori terkendali.

"Kalau beras memang di seluruh provinsi harganya naik," ujar dia.

Sebelumnya Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, perusahaannya akan menggelontorkan stok beras sebanyak 315 ribu ton melalui operasi pasar. Saat ini kata dia, Bulog memiliki cadangan beras impor kualitas premium yang siap masuk dalam operasi pasar stabilitas harga beras.