Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Pasar Seni Sukawati

Fransisco Rosarians Enga Geken
02 February 2023 09:05

Presiden Jokowi meresmikan bangunan baru Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali. (Dok Jokowi/Instagram)
Presiden Jokowi meresmikan bangunan baru Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali. (Dok Jokowi/Instagram)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Seni Sukawati di Gianyar, Bali. Bangunan tiga blok tersebut telah mengalami revitalisasi dengan anggaran Rp 160 miliar. Sukawatikini menjadi tempat penjualan karya seniman dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Bali.

“Inilah pasar rakyat yang saya harapkan gaungnya, Pasar Sukowati ini akan semakin baik ke depannya,” kata Jokowi dalam video yang diunggah pada akun youtube Sekretariat Presiden, Rabu (1/2/2023).

Jokowi berharap pasar rakyat ini akan semakin ramai dan menjadi destinasi wisata pasca revitalisasi. Terutama, kata dia, pemerintah sudah mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir Desember 2022.  

“Kami harapkan turis akan semakin banyak ke Pulau Dewata, ke Pulau Bali. Baik, wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara,” kata dia.

Revitalisasi Pasar Seni Sukawati mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.