Logo Bloomberg Technoz

Kontrol Ekspor Logam Cip, China Desak Dunia Jaga Rantai Pasokan

News
05 July 2023 11:40

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping

Bloomberg News 

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping meminta negara-negara di dunia menolak pemutusan hubungan dagang dan pemangkasan rantai pasokan. Padahal sehari sebelumnya, China mengumumkan kebijakan kontrol ekspor terhadap dua logam pembuat chip sebagai balasan terhadap pembatasan yang dilakukan oleh AS dan sekutunya.

Dalam pidato virtualnya di hadapan para pemimpin Organisasi Kerja Sama Shanghai, Xi Jinping mengungkapkan China ingin bekerja sama dengan negara-negara di dunia untuk menolak langkah-langkah membuat hambatan, memisahkan dan memutuskan rantai pasokan.

"Kita harus membuat kerja sama yang saling menguntungkan menjadi lebih besar, dan memastikan bahwa lebih banyak keuntungan dalam pembangunan yang dibagi secara lebih adil oleh orang-orang di seluruh dunia," katanya berdasarkan naskah pidato yang dirilis pada Selasa (4/7/2023) malam oleh kantor berita resmi Xinhua.

Ilustrasi Logam Gallium dan Germanium (Bloomberg)

Pernyataan Xi Jinping itu bertentangan dengan keputusan pemerintahan China yang pada Senin (3/7/2023) mengumumkan akan menerapkan kebijakan kontrol ekspor galium dan germanium bersama dengan senyawa kimianya mulai 1 Agustus 2023. Kementerian Perdagangan China mengatakan langkah tersebut bertujuan untuk melindungi keamanan nasional.