Logo Bloomberg Technoz

Arah IHSG di Persimpangan Inflasi & Meredanya Reli Wall Street

Muhammad Julian Fadli
04 July 2023 08:32

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa 4 Juli 2023 berpotensi melanjutkan tren penguatan, seiring dengan sentimen dalam dnegeri yang memicu optimisme investor.

Pada perdagangan kemarin, IHSG menguat 0,52% dengan menutup perdagangan pada level 6.696,7.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Selasa 4 Juli (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan, dengan menuju area resistance pada trendline garis hijau yang bersinggungan dengan MA-50 pada level 6.734. Adapun resistance selanjutnya terdapat MA-100 yang menarik dicermati pada level 6.778. Dengan terkonfirmasi memiliki support kuat IHSG pada level 6.664.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari sentimen dalam negeri dari data inflasi yang melandai, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Indonesia pada Juni berada pada level 3,52% secara tahunan (year-on-year/yoy). Melandai dibandingkan dengan inflasi Mei sebesar 4% yoy.

Angka inflasi tersebut sesuai dengan ekspektasi pasar, laju inflasi Indonesia berhasil melandai secara tahunan. Juga lebih rendah dibandingkan konsensus yang dihimpun Bloomberg dengan median proyeksi inflasi Juni sebesar 3,62%.