Logo Bloomberg Technoz

Pengangguran Usia Muda China Bisa Jadi Risiko Politik Xi Jinping

News
03 July 2023 14:40

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping

Bloomberg News

Bloomberg, Tingkat pengangguran kaum muda yang terus meningkat di China dapat memicu masalah politik jika tidak ditangani dengan baik. Ini merupakan peringatan dari seorang ekonom yang menjadi penasihat pemerintahan Presiden Xi Jinping.

"Masalah pengangguran kaum muda kemungkinan akan terus berlanjut hingga satu dekade ke depan dan terus memburuk dalam jangka pendek," kata Liu Yuanchun, yang telah memberikan arahan kepada Beijing tentang ekonomi, termasuk dengan memberikan kuliah kepada Politbiro pengambil keputusan tertinggi di bulan April 2022.

"Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini akan memicu masalah sosial lain di luar arena ekonomi, bahkan menjadi pemicu masalah politik," katanya dalam laporan bersama yang diterbitkan minggu lalu oleh lembaga pemikir Renmin University of China, China Macroeconomy Forum.

Tingkat Pengangguran Anak Muda China Cetak Rekor (Bloomberg)

Tangkapan layar dari dokumen setebal 110 halaman tersebut dibagikan di Weibo, media sosial mirip Twitter di China, pada akhir pekan, dan para pengguna menyoroti peringatan para penulis mengenai risiko-risiko politik.