Logo Bloomberg Technoz

Belanja Konsumen Anjlok, Ekonomi AS Bersiap Melambat Tajam

News
01 July 2023 06:20

Ilustrasi belanja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi belanja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Molly Smith and Reade Pickert - Bloomberg News -

Bloomberg, Tingkat belanja atau pengeluaran konsumen AS - mesin utama ekonomi - telah kehilangan tenaga untuk sebagian besar tahun ini, memberi sinyal pertumbuhan yang lebih lemah di bulan-bulan ke depan sementara itu juga membantu mendinginkan inflasi.

Tingkat pengeluaran yang disesuaikan dengan inflasi sedikit berubah pada Mei dan secara esensial telah terhenti sejak lonjakan pada Januari 2023, menurut angka Biro Analisis Ekonomi yang diterbitkan Jumat. Hal itu mungkin dapat membantu meredakan tekanan inflasi lebih lanjut setelah salah satu metrik inflasi pilihan Federal Reserve tersebur turun bulan lalu ke level terendah dalam lebih dari dua tahun.

Data inflasi Amerika (Bloomberg)

Menyusul data yang keluar Kamis yang menunjukkan produk domestik bruto AS direvisi naik terutama pada kuartal pertama, sebagian karena pengeluaran yang lebih baik dari perkiraan, data yang dirilis Jumat tentang pengeluaran konsumen ini, telah membawa perekonomian AS memasuki fase perlambatan substansial.

"Kami telah memperkirakan perlambatan dalam pengeluaran kuartal kedua," kata ekonom Wells Fargo & Co. Tim Quinlan dan Shannon Seery dalam sebuah catatan kepada klien. "Sekarang tampaknya kita mungkin perlu memotong setengah perkiraan kita sendiri."