Logo Bloomberg Technoz

Sukses Merger, India Punya Bank Raksasa Saingi Milik AS & China

News
30 June 2023 15:30

HDFC Bank India. (Sumber: Bloomberg)
HDFC Bank India. (Sumber: Bloomberg)

Preeti Singh dan Divya Patil - Bloomberg News

Bloomberg,  Satu perusahaan lokal India untuk pertama kalinya akan masuk dalam daftar bank-bank paling penting di dunia. Hal tersebut terjadi setelah HDFC Bank Ltd. sukses menyelesaikan merger, menandai kemunculan saingan baru bagi pemberi pinjaman terbesar di Amerika Serikat (AS) dan China.

Penggabungan antara HDFC Bank Ltd. dan Housing Development Finance Corp. membuat bank tersebut menduduki peringkat keempat dalam kapitalisasi pasar ekuitas, tepat di belakang JPMorgan Chase 7 Co., Industrial and Commercial Bank of China Ltd., dan Bank of America Corp. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, nailnya sekitar US$172 miliar.

Merger kemungkinan efektif mulai 1 Juli, HDFC Bank akan memiliki sekitar 120 juta nasabah, lebih besar dari populasi Jerman. Merger tersebut juga akan meningkatkan jumlah cabang HDFC Bank menjadi lebih dari 8.300 cabang dan menambah jumlah karyawan lebih dari 177.000 orang.

Pada bagan di bawah ini, kami menyoroti skala raksasa perbankan global tersebut dan mengkaji beberapa tantangan ke depan terkait harga saham.