Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan antara Xi Jinping dengan Bill Gates meningkatkan harapan adanya pertemuan antara presiden China tersebut dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Rencananya, Blinken akan berkunjung ke Beijing selama dua hari pada Minggu (18/6).

Kunjungan bertujuan memperbaiki hubungan antara AS dan China yang menjadi tegang karena kemunculan balon mata-mata yang diduga dikirim oleh China ke AS. Kemunculan balon mata-mata tersebut menggagalkan pertemuan antara Blinken dengan Xi Jinping di awal tahun.

Sebelumnya, Bill & Melinda Gates Foundation bersama kota Beijing sepakat untuk menyumbang sebesar US$50 juta untuk memerangi penyakit menular seperti malaria. Dana ini masuk melalui Global Health Drug Discovery Institute, berdasarkan keterangan Gates Foundation. Lembaga nirlaba ini didirikan pada tahun 2016 oleh Gates bersama pemerintah kota Beijing, dan Universitas Tsinghua.

Berdasarkan pernyataan dari Gates Foundation, uang tersebut akan disumbangkan ke Global Health Drug Discovery Institute. Institut tersebut adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Gates Foundation, pemerintah kota Beijing, dan Universitas Tsinghua pada 2016.

Dalam pidato hari Kamis di institut tersebut, Gates menyampaikan selamat kepada China karena telah memberantas malaria di tengah keterbatasan. Gates memuji para ilmuwan China yang bekerja untuk memerangi penyakit di seluruh dunia, menurut Gates Foundation.

Gates juga berjumpa Walikota Beijing Yin Yong pada hari Kamis, dilaporkan Beijing Daily. Yin mengapresiasi institut karena telah mencapai "terobosan" dalam beberapa tahun terakhir dan berjanji akan terus mendukung.

Dalam tweet Rabu mengumumkan kedatangannya di Beijing, Gates mengatakan dia "bersemangat untuk mengunjungi mitra yang telah bekerja pada tantangan kesehatan dan pembangunan global" dengan Gates Foundation.

(bbn)

No more pages