Logo Bloomberg Technoz

Sentimen Global Kurang Menguntungkan, Cermati Support IHSG

Muhammad Julian Fadli
08 June 2023 07:57

Layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis, 8 Juni 2023 berpotensi bergerak melemah bersamaan dengan sejumlah sentimen yang kurang positif saat ini.

Pada perdagangan kemarin, tepatnya Rabu (7/6/2023) IHSG tercatat menguat 0,01%, dengan menutup perdagangan pada level 6.619,76.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Kamis 8 Juni (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi koreksi terlebih dahulu menuju trendline garis merah, dengan support area pada level 6.601. Jika tetap kuat berada di atas support tersebut, pergerakan IHSG akan rebound dengan target penguatan terdekat pada level 6.650, sebagai resistance terkuat. Untuk resistance selanjutnya ada level 6.691 yang jadi target.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari sejumlah data regional. Neraca Perdagangan China melambat pada Mei efek secara langsung dari ekspor menyusut 7,5% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi hanya US$284 miliar.

Ekspor China terkontraksi untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir. Ekspor ke sebagian besar negara tujuan mengalami penurunan yang signifikan hingga double digit ke beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Asia Tenggara, Prancis dan Italia.