Logo Bloomberg Technoz

S&P Global Indonesia Manufacturing melaporkan, aktivitas manufaktur yang dicerminkan dengan Purchasing Managers’ Index (PMI) di Indonesia ada di level 50,3 pada Mei. Angka ini melemah dibandingkan bulan sebelumnya yang ada di level 52,7.

Adapun level tersebut menjadi yang terendah sejak November 2022, dan semakin mengkonfirmasi tekanan perlambatan perekonomian dalam negeri. 

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kinerja Mei pada hari ini. Konsensus ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan inflasi IHK pada Mei akan semakin rendah menuju level 4,21%, dibandingkan dengan 4,33% pada April kemarin. 

Pada perdagangan pekan kemarin IHSG ditutup melemah 3,16 poin atau 0,05% ke level 6.633,26. Sementara Ajaib Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bergerak bervariasi pada level 6.655 – 6.728. Saham-saham yang jadi rekomendasi pada perdagangan hari ini adalah PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), dan PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY).

Sementara itu, Tim Mirae Asset Sekuritas dalam Technical Insight merekomendasikan, PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), dan PT Astra International Tbk (ASII).

Pada perdagangan regional Asia, bursa saham diproyeksikan bergerak menguat. Berdasarkan data sementara ini indeks Straits Times Singapore naik 0,21%, dan indeks Shanghai Composite terapresiasi 0,22%. Adapun indeks utama Dow Jones ditutup di zona hijau pada perdagangan sebelumnya, dengan mencatatkan kenaikan 701 poin atau 2,12%.

(fad)

No more pages