Logo Bloomberg Technoz

Parlemen AS memiliki waktu hingga 5 Juni untuk meloloskan undang-undang sebelum Departemen Keuangan diperkirakan kehabisan uang untuk membayar utangnya tepat waktu, menurut Menteri Keuangan Janet Yellen.

Goolsbee mengatakan waktu yang sempit untuk menaikkan plafon utang itu sedikit berbahaya. Ia mengatakan bahwa bahkan antisipasi atas gagal bayar saja telah berdampak pada ekonomi dan pasar keuangan.

Pimpinan The Fed Chicago ini telah menyatakan keprihatinan tentang dampak ekonomi yang lebih luas dari gejolak sektor perbankan AS baru-baru ini. Kegagalan bank telah memperkuat turunnya pinjaman yang dimulai tahun lalu, dan beberapa pejabat The Fed khawatir, ditambah dengan pengetatan agresif The Fed sejauh ini, kontraksi kredit dapat berdampak ke ekonomi lebih dari yang diperkirakan.

The Fed telah menaikkan suku bunga dengan cepat dalam 14 bulan terakhir, termasuk kenaikan seperempat poin pada pertemuan mereka awal bulan ini. Para pejabat bank sentral terbelah pada pertemuan itu mengenai perlu atau tidaknya peningkatan suku bunga di bulan Juni.

(bbn)

No more pages